Penelitian

1 Peneliti Utama : Eva Hariyanti, S.Si, M.T
Anggota : Indah Werdiningsih, S.Si
Judul :

MODEL PENGEMBANGAN DASHBOARD

UNTUK MONITORING DAN EVALUASI KINERJA

SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PERGURUAN TINGGI

Abstrak : Tujuan utama dari penelitian ini adalah merancang model pengembangan dashboard untuk monitoring dan evaluasi kinerja sebagai upaya peningkatan mutu perguruan tinggi. Pada penelitian sebelumnya mengenai pembuatan metodologi untuk pembangunan dashboard, telah ditemukan bahwa ada 3(tiga) aspek utama yang harus diperhatikan dalam mengembangkan dashboard, yaitu data/informasi, personalisasi, dan kolaborasi. Pada tahun pertama penelitian, diharapkan dapat dirancang model pengembangan dashboard di lingkungan perguruan tinggi, dengan memperhatikan ketiga aspek tersebut. Pengembangan dashboard diperuntukkan bagi monitoring dan evaluasi kinerja yang berkaitan dengan aktifitas-aktifitas dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Model pengembangan dashboard ini diperlukan, agar dashboard yang dibangun dapat terintegrasi antara satu dengan yang lainnya.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini ada dua macam, yaitu dengan studi literatur untuk membuat rancangan awal model, dan dengan metode survei untuk memverifikasi model yang diusulkan. Survei dilakukan dengan 2(dua) tujuan, yaitu untuk mengidentifikasi kebutuhan calon pengguna dashboard dan mengetahui faktor-faktor yang yang mempengaruhi kesuksesan pengembangan sistem informasi di perguruan tinggi selama ini.  Survei pada penelitian ini, akan dilakukan melalui wawancara secara langsung serta melalui penyebaran kuesioner. Obyek penelitian yang digunakan dalam merancang model pengembangan dashboard adalah Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Bandung. Jumlah responden yang digunakan pada penelitian ini adalah sebanyak 95. Responden yang dipilih merupakan pimpinan lembaga penjaminan mutu perguruan tinggi dan jajaran pimpinan fakultas maupun program studi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prioritas kebutuhan dashboard untuk pengguna di lingkungan Universitas Airlangga dan Institut Teknologi Bandung. Namun secara umum dapat dinyatakan bahwa sebagian besar kebutuhan yang terkait aspek penyajian data/informasi, personalisai, dan performansi dashboard masuk dalam kelompok must-be. Para pengguna menganggap bahwa ketiga aspek tersebut merupakan hal yang penting. Sedangkan aspek kolaborasi masuk dalam kelompok attractive, yang dianggap sebagai daya tarik sistem tetapi tidak berpengaruh besar terhadap kepuasan pengguna. Pada akhir penelitian, dihasilkan sebuah model awal pengembangan dashboard untuk kebutuhan perguruan tinggi di Indonesia. Model awal pengembangan dashboard menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel penggunaan(use). Begitu pula dengan variabel kualitas data dan penggunaan(use), tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna. Sedangkan variabel kepuasan pengguna, tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel manfaat positif.

Model yang dikembangkan diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan oleh perguruan tinggi dalam mengembangkan dashboard. Pada tahun berikutnya, diharapkan dapat dibuat strategi untuk pembangunan dashboard berdasarkan pada model pengembangan yang telah dibuat. Strategi dibuat dengan memperhatikan model interaksi antar dashboard, serta dengan melihat prioritas kebutuhan pada perguruan tinggi.