Spesifikasi Prodi S1

download -> Spesifikasi Prodi S1 Sistem Informasi

Spesifikasi Program Studi S1 Sistem Informasi

I. PENDAHULUAN

Program pemerintah untuk menggalakkan pertumbuhan industri di wilayah Indonesia Timur mengakibatkan Jawa Timur memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi. Pertumbuhan ekonomi ini juga diiringi dengan laju pertumbuhan industri yang berkembang pesat, baik industri kecil, menengah maupun industri besar, yang tentu diimbangi dengan naiknya kebutuhan akan tenaga kerja. Namun dengan semakin meningkatknya penggunaan teknologi informasi membuat pemilik industri selektif memilih tenaga kerja. Mereka mengharapkan tenaga kerja yang terampil di bidang teknologi informasi. Hal ini terbukti dengan banyak dibukanya lowongan pekerjaan untuk bidang informatika. Dengan banyak dibukanya lowongan tersebut menandakan bahwa kebutuhan lulusan di bidang informatika masih tinggi.

Di samping itu teknologi informasi juga dibutuhkan dalam proses pengambilan keputusan oleh pemilik industri. Penggunaan sistem informasi yang tepat dan akurat akan mendukung pengambilan keputusan yang tepat pula.

Saat Ini Fakultas Sains dan Teknologi (FSaintek) Unair memiliki Program Studi D3 Sistem Informasi, yang didirikan pada tahun 2000. Program Studi D3 ini bertujuan menghasilkan lulusan yang terampil dalam mengidentifikasi, mendefinisikan, merancang, dan membuat implementasi sistem informasi sesuai kebutuhan organisasi. Untuk lebih meningkatkan kompetensi lulusan yang dihasilkan, FSaintek Unair mendirikan Program Studi  S1 Sistem Informasi pada tahun 2008. Karateristik yang dipunyai lulusan Program Studi S1 Sistem Informasi Unair selain mengidentifikasi, mendefinisikan, merancang, dan membuat implementasi sistem informasi, juga mempunyai kemampuan analisa kuat dan pemikiran yang kritis, serta mampu mendesain dan mengimplementasikan solusi berdasarkan teknologi.

II. IDENTITAS PROGRAM STUDI

Institusi Pemberi gelar           : Universitas Airlangga

Institusi Pembelajaran           : Fakultas Sains dan Teknologi

Nama Program Studi              : Sistem Informasi

Gelar                                              : Sarjana Komputer (S. Kom)

III. TUJUAN PENDIDIKAN

Visi :

Menjadi program studi unggul dan terkemuka dalam bidang Sistem Informasi,             serta berperan serta dalam pengembangan masyarakat ilmiah, yang beradab, dan         bermoral agama.

Misi :

  1. Menyelengarakan proses pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mampu menguasai, menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang Sistem Informasi.
  2. Melakukan penelitian  yang berkualitas dan bermanfaat di bidang Sistem Informasi.
  3. Mendarmabaktikan keahlian dalam bidang Sistem Informasi kepada masyarakat/lembaga/industri/pemerintah.

Tujuan Pendidikan :

Tujuan yang hendak dicapai oleh Program Studi S1 Sistem informasi adalah menghasilkan sarjana yang mempunyai kemampuan sebagai berikut :

  1. mampu menerapkan, mengembangkan dan melakukan inovasi di bidang sistem informasi, dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat.
  2. mampu berfikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan yang peka terhadap lingkungannnya.
  3. mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi.

KOMPETENSI LULUSAN

Program Studi S1 Sistem Informasi Fsaintek Unair bertujuan menghasilkan lulusan dengan kompetensi sebagai berikut :

A.   Pengetahuan Dasar dan Pemahaman

  1. Mengetahui dan memahami konsep teknologi informasi.
  2. Mengetahui dan memahami konsep dasar manajemen dan teori organisasi.
  3. Mengetahui dan memahami ilmu dasar matematika, statistik dan riset operasi  sebagai alat bantu dalam sistem pendukung keputusan.

Metode pembelajaran yang digunakan : ceramah, tutorial, tugas baca, tugas individu/kelompok, presentasi, praktikum.

Metode penilaian yang digunakan : ujian tengah dan akhir semester, kuis, tugas individu dan kelompok, presentasi.

B. Ketrampilan intelektual

    1. Mengidentifikasi, menganalisis, merancang, dan membuat implementasi sistem informasi sesuai kebutuhan organisasi.
    2. Menghasilkan ide-ide kreatif untuk membangun dan mengembangkan sistem informasi.
    3. Mampu beradaptasi dan bekerja sama dengan bidang lain.

Metode pembelajaran yang digunakan : ceramah, tutorial, tugas baca, tugas individu/kelompok, presentasi, praktikum.

Metode penilaian yang digunakan : ujian tengah dan akhir semester, kuis, tugas individu dan kelompok, presentasi.

C.  Ketrampilan Profesional

  1. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun  sistem informasi.
  2. Mengelola dan memelihara sistem informasi .

Metode pembelajaran yang digunakan : ceramah, tutorial, tugas baca, tugas individu/kelompok, presentasi, praktikum.

Metode penilaian yang digunakan : ujian tengah dan akhir semester, kuis, tugas individu dan kelompok, presentasi.

D. Transferable skills

  1. Mengkomunikasikan ide dan pengetahuannya secara lisan maupun tulisan dengan baik.

Metode pembelajaran yang digunakan : seminar, tugas baca, diskusi, pembelajaran berbasis masalah.

Metode penilaian yang digunakan : ujian, presentasi, seminar, diskusi.

E. Moral dan Perilaku

  1. Bermoral agama
  2. Mampu bekerja secara mandiri maupun kelompok
  3. Memiliki motivasi dan etos kerja yang tinggi.

Metode pembelajaran yang digunakan : ceramah, tutorial, tugas baca, tugas individu/kelompok, presentasi, praktikum.

Metode penilaian yang digunakan : ujian tengah dan akhir semester, kuis, tugas individu dan kelompok, presentasi.

IV. PETA KOMPETENSI & KURIKULUM

Program Studi S1 Sistem Informasi dapat ditempuh oleh mahasiswa selama 4 tahun akademik. Setiap tahun akademik terdiri dari dua semester. Sistem SKS yang digunakan memungkinan bagi mahasiswa yang berprestasi sangat baik untuk menempuh studi kurang dari 4 tahun. Mahasiswa juga diberi kesempatan untuk mengikuti semester pendek. Berikut ini tabel yang menunjukkan hubungan antara kompetensi lulusan yang ingin dicapai dengan mata kuliah yang ditawarkan.

Semester 1

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

Algoritma dan Pemrograman

P

P

P

Bahasa Inggris 1

P

P

P

Kalkulus

P

P

P

Agama 1

P

P

Peng. Manajemen Umum

P

P

Peng. Teknologi Informasi

P

P

Semester  2

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

PPKn

P

Teori Organisasi umum

P

P

P

ISBD

P

P

Matriks & Transform. Linier

P

P

P

Statistik Dasar

P

P

P

P

Struktur Data

P

P

P

Semester  3

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

Basis Data

P

P

P

Konsep Sistem Informasi

P

P

P

Matematika Diskrit

P

P

P

Pemrog. Berorientasi Objek

P

P

P

Rekayasa Perangkat Lunak

P

P

P

Sistem Operasi

P

P

P

P

Semester  4

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

Interaksi Manusia & Komputer

P

P

P

Bahasa Indonesia

P

P

Jaringan Komputer

P

P

P

P

Riset Operasi

P

P

P

Sistem Basis Data

P

P

P

P

P

P

Sistem Informasi Manajemen

P

P

P

P

P

P

Pemrog.  Berbasis Internet

P

P

P

P

Teknik Peramalan

P

P

P

Semester  5

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

P

P

P

P

P

Analisis Multivariat

P

P

P

P

E-Business

P

P

P

P

P

P

Etika Profesi

P

P

Keamanan Komputer

P

P

P

P

Pemodelan dan Simulasi

P

P

P

P

Sistem Informasi Pemasaran

P

P

P

P

P

P

P

P

P

Mobile Technology

P

P

P

P

P

P

Semester  6

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

Kecerdasan Buatan

P

P

P

Agama 2

P

P

P

Komunikasi Interpersonal

P

P

Kuliah Kerja Nyata

P

P

P

P

P

Metodologi Penelitian

P

P

P

P

P

P

P

Pengembangan Sistem Informasi

P

P

P

P

P

Sist. Pendukung Keputusan

P

P

P

P

Sistem Informasi Geografis

P

P

P

P

P

P

Sist.Temu Kembali Informasi

P

P

P

Semester  7

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

Bahasa Inggris 2

P

P

P

Kewirausahaan dan Bisnis Sistem Informasi

P

P

P

P

Pengelolaan Sist. Informasi

P

P

P

P

P

Testing & Implementasi Sistem

P

P

P

P

Sistem Berbasis Pengetahuan

P

P

P

Sistem Informasi Akuntansi

P

P

P

P

P

P

Data Mining

P

P

P

P

P

Teknologi Basis Data

P

P

P

P

Proposal

Semester  8

MATA KULIAH

KOMPETENSI

A1

A2

A3

B1

B2

B3

C1

C2

D1

E1

E2

E3

TugasAkhir / Skripsi

P

P

P

P

P

P

Audit Sistem Informasi

P

P

P

P

P

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan

P

P

P

P

P

P

Teori Pengambilan Keputusan

P

P

P

V. STRUKTUR KURIKULUM

Penyelenggaraan pendidikan akademik pada program studi berpedoman kepada tujuan pendidikan nasional, kaidah moral dan etika ilmu pengetahuan, dan kepentingan masyarakat, memperhatikan minat, kemampuan dan prakarsa pribadi. Beberapa mata kuliah disampaikan dalam bentuk perkuliahan di kelas dan praktikum di laboratorium komputer, sebagai sarana pelatihan dan penerapan secara langsung materi yang diberikan. Selain itu penyusunan kurikulum juga memperhatikan kemungkinan lulusan untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Kurikulum Program Studi Sistem Informasi FSaintek Unair dikembangkan untuk program S-1 berbasis kompetensi dan kewirausahaan dengan total 148 sks yang dapat ditempuh selama 8 semester. Struktur kurikulum ini terdiri dari 50 sks mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK), 81 sks mata kuliah keahlian berkarya (MKB), 12 sks mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK) , 11 sks mata kuliah perilaku berkarya (MPB), dan 6 sks mata kuliah berkehidupan bermasyarakat (MBB).

Merujuk pada kurikulum yang ada,  mata kuliah bisa dibedakan menjadi mata kuliah wajib dan pilihan.  Mata kuliah wajib sebanyak 44 mata kuliah dengan 127 sks, sedangkan mata kuliah pilihan sebanyak 12 mata kuliah dengan sks berjumlah 36.

Untuk semester pertama, mahasiswa harus mengambil  mata kuliah dengan jumlah sks yang sudah ditentukan. Sedangkan untuk semester-semester berikutnya,  jumlah sks yang dapat diambil oleh mahasiswa tergantung pada IPS (Indeks Prestasi  Semester)  mahasiswa. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk bisa lulus lebih cepat dari waktu normalnya, yaitu 4 tahun.

Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam mengidentifikasi, menganalisis, merancang, dan membuat implementasi sistem informasi, banyak  mata kuliah di  tingkat atas diselenggarakan dengan pemberian tugas berbentuk proyek.

Struktur Kurikulum S1 Sistem Informasi bisa dilihat pada tabel berikut ini.

Semester  1

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

Algoritma & Pemrograman

4

Wajib

-

2

Bahasa Inggris 1

2

Wajib

-

3

Kalkulus

3

Wajib

-

4

Agama 1

2

Wajib

-

5

Pengantar Manajemen Umum

3

Wajib

-

6

Pengantar Teknologi Informasi Peng. Manajemen Umum i Informasi (PTI

4

Wajib

-

TOTAL

18

Semester  2

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

PPKn

3

Wajib

-

2

Teori Organisasi Umum

4

Wajib

-

3

ISBD

2

Wajib

-

4

Matriks dan Transformasi Linier

3

Wajib

-

5

Statistik Dasar

3

Wajib

Kalkulus

6

Struktur Data

4

Wajib

Alg. & Pemrograman

TOTAL

19

Semester 3

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

Basis Data

3

Wajib

Peng.Tek. Informasi

2

Konsep Sistem Informasi

4

Wajib

Peng.Tek. Informasi

3

Matematika Diskrit

3

Wajib

Kalkulus, Matriks dan Transformasi Linier

4

Pemrog.Berorientasi Objek (PBO)

3

Wajib

Struktur Data

5

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

3

Wajib

Peng.Tek. Informasi

6

Sistem Operasi

3

Wajib

Peng.Tek. Informasi

TOTAL

19

Semester 4

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

Interaksi Manusia  & Komputer

3

Wajib

RPL, PBO

2

Bahasa Indonesia

2

Wajib

-

3

Jaringan Komputer

3

Wajib

Sistem Operasi

4

Riset Operasi

3

Wajib

Matriks dan transformasi Linier

5

Sistem Basis Data

3

Wajib

Basis Data

6

Sistem Informasi Manajemen

3

Wajib

Konsep Sist. Informasi

7

Pemrograman Berbasis Internet

3

Pilihan

Alg.& Pemrograman., Basis Data

8

Teknik Peramalan

3

Pilihan

Statistika Dasar

TOTAL

23

Semester 5

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

3

Wajib

RPL

2

Analisis Multivariat

3

Wajib

Statistik Dasar

3

E-Business

3

Wajib

SI Manajemen

4

Etika Profesi

2

Wajib

-

5

Keamanan Komputer

3

Wajib

Jaringan Komputer

6

Pemodelan dan Simulasi

3

Wajib

Riset Operasi

7

Sistem Informasi Pemasaran

3

Pilihan

SI Manajemen

8

Mobile Technology

3

Pilihan

RPL, PBO

TOTAL

23

Semester 6

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

Kecerdasan Buatan

3

Wajib

Analisis Multivariat, Riset Operasi

2

Agama 2

2

Wajib

-

3

Komunikasi Interpersonal

2

Wajib

-

4

Kuliah Kerja Nyata

3

Wajib

-

5

Metodologi Penelitian

2

Wajib

Analisa dan Perancangan SI

6

Pengembangan Sistem Informasi

3

Wajib

Analisa dan Perancangan SI

7

Sistem Pendukung Keputusan

3

Wajib

An. Multivariat, Basis Data, Riset Operasi

8

Sistem Informasi Geografis

3

Pilihan

SI. Manajemen

9

Sistem Temu Kembali Informasi

3

Pilihan

Basis Data

TOTAL

24

Semester 7

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

Bahasa Inggris 2

2

Wajib

Bahasa Inggris 1

2

Kewirausahaan dan Bisnis Sistem Informasi

2

Wajib

E-Business

3

Pengelolaan Sistem Informasi

3

Wajib

Pengembangan SI

4

Testing & Implementasi Sistem

3

Wajib

Pengembangan SI

5

Sistem Berbasis Pengetahuan

3

Wajib

Kecerdasan Buatan

6

Proposal

2

Wajib

Metodologi Penelitian

7

Sistem Informasi Akuntansi

3

Pilihan

SI Manajemen

8

Data Mining

3

Pilihan

Kecerdasan Buatan

Teknologi Basis Data

3

Pilihan

Sistem Basis Data

TOTAL

24

Semester 8

NO.

MATA KULIAH

sks

STATUS

PRASYARAT

1

Tugas Akhir / Skripsi

4

Wajib

Metodologi Penelitian

2

Audit Sistem Informasi

3

Pilihan

SI Manajemen

3

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan

3

Pilihan

SI Manajemen

4

Teori Pengambilan Keputusan

3

Pilihan

Riset Operasi

TOTAL

13

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

NO

MATA KULIAH

SEMESTER

sks

1

Bahasa Inggris 1

1

2

2

PPKn

1

3

3

Agama 1

2

2

4

Ilmu Sosial Budaya dasar

2

2

5

Bahasa Indonesia

4

2

6

Agama 2

6

2

7

Bahasa Inggris 2

7

2

Total

15

Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK)

NO

MATA KULIAH

SEMESTER

sks

1

Algoritma dan Pemrograman

1

4

2

Kalkulus

1

3

3

Pengantar Manajemen Umum

1

3

4

Pengantar Teknologi Informasi

1

4

5

Teori Organisasi umum

2

4

6

Matriks dan transformasi Linier

2

3

7

Statistik Dasar

2

3

8

Struktur Data

2

4

9

Basis Data

3

3

10

Konsep Sistem Informasi

3

4

11

Matematika Diskrit

3

3

12

Pemrograman Berorientasi Objek

3

3

13

Sistem Operasi

3

3

14

Riset Operasi

4

3

15

Teori Pengambilan  Keputusan

8

3

Total

50

Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

NO

MATA KULIAH

SEMESTER

sks

1

Rekayasa Perangkat Lunak

3

3

2

Interaksi Manusia dan Komputer

4

3

3

Jaringan Komputer

4

3

4

Sistem Basis Data

4

3

5

Sistem Informasi Manajemen

4

3

6

Analisa dan Perancangan Sistem Informasi

5

3

7

Analisis Multivariat

5

3

8

E-Business

5

3

9

Keamanan Komputer

5

3

10

Pemodelan dan Simulasi

5

3

11

Kecerdasan Buatan

6

3

12

Pengembangan Sistem Informasi

6

3

13

Sistem Pendukung Keputusan

6

3

14

Pengelolaan Sistem Informasi

7

3

15

Testing dan Implementasi Sistem

7

3

16

Sistem Berbasis Pengetahuan

7

3

17

Audit Sistem Informasi

8

3

18

Data Mining

7

3

19

Mobile Technology

5

3

20

Pemrograman Berbasis Internet

4

3

21

Perencanaan Sumber Daya Perusahaan (ERP)

8

3

22

Sistem Informasi Akuntansi

7

3

23

Sistem Informasi Geografis

6

3

24

Sistem Informasi Pemasaran

5

3

25

Sistem Temu Kembali Informasi

6

3

26

Teknik Peramalan

4

3

27

Teknologi Basis Data

7

3

Total

81

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

NO

MATA KULIAH

SEMESTER

sks

1

Kuliah Kerja Nyata

6

3

2

Metodologi Penelitian

6

2

3

Proposal

7

2

4

Tugas Akhir / Skripsi

8

4

Total

11

Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

NO

MATA KULIAH

SEMESTER

sks

1

Etika Profesi

5

2

2

Komunikasi Interpersonal

6

2

3

Kewirausahaan dan Bisnis Sistem Informasi

7

2

Total

6

VI. PEMETAAN KOMPETENSI HARDSKILLS

KOMPETENSI

MATA KULIAH

Utama

Sub  Utama

Wajib

Pilihan

Mengetahui & memahami konsep teknologi informasi Peng. Teknologi Informasi
Mengetahui dan memahami konsep dasar manajemen dan teori organisasi Peng.  Manaj. Umum
Teori Org. Umum
Kewirausahaan  dan Bisnis Sistem Informasi
Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membangun sistem informasi Menggunakan bahasa  pemrograman tertentu untuk menulis program aplikasi Alg. & Pemrograman
Struktur Data
Pemrog. Berorientasi Obyek
Mampu membangun sistem basis data Basis Data Sistem Temu Kembali Informasi
Sistem Basis Data Data Mining
Teknologi Basis Data
Merekayasa perangkat lunak Rekayasa Perangkat Lunak
Interaksi Manusia dan Komputer
Menggunakan teknologi komputer & jaringan Sistem Operasi Pemrog Berbasis Internet
Jaringan Komputer Mobile Technology
Keamanan Komputer
Menyelesaikan masalah dengan  intelligent systems Kecerdasan Buatan
Sistem Berbasis Pengetahuan
Mengidentifikasi, menganalisis, merancang, dan membuat implementasi sistem informasi sesuai kebutuhan organisasi. Merekayasa Sistem Informasi Konsep Sist. Informasi
Analisa & Perancangan Sistem Informasi
e-Bisnis
Pengembangan Sistem Informasi
Sistem Pendukung Keputusan
Pengelolaan Sistem Informasi
Testing dan Implementasi Sistem Audit Sistem Informasi
Metodologi Penelitian
Proposal
Skripsi/Tugas Akhir
Membuat aplikasi sistem informasi SI  Manajemen SI Pemasaran
SI Geografis
SI Akuntansi
Perencanaan Sumber Daya Perusahaan
Memiliki kemampuan menggunakan matematika, statistika, dan riset operasi sebagai alat bantu dalam sistem pendukung keputusan Menyelesaikan masalah dengan Matematika Kalkulus
Matriks dan Transformasi Linear
Matematika Diskrit
Menyelesaikan masalah dengan Statistika Statistika Dasar
Analisis Multivariat Teknik Peramalan
Menyelesaikan masalah dengan Riset Operasi Riset Operasi
Pemodelan & Simulasi Teori Pengambilan Keputusan
Mampu mengkomunikasikan ide dan pengetahuannya  secara lisan maupun tulisan dengan baik Bahasa Indonesia
Bahasa Inggris 1
Bahasa Inggris 2
Komunikasi Interpersonal
Bermoral agama Mencintai Tuhan dan Utusan-Nya Agama  1
Agama  2
Mencintai negara dan bangsanya PPKn
ISBD
Etika Profesi
KKN


VII. FASILITAS PENDUKUNG PEMBELAJARAN

Untuk melaksanakan kegiatan proses belajar mengajar Prodi S1 Sistem Informasi didukung oleh tenaga akademik sejumlah lima belas orang dengan tujuh orang bergelar S2 (satu orang sedang kuliah S3), delapan orang bergelar S1 (tujuh orang sedang kuliah S2). Selain itu juga didukung oleh tenaga kependidikan sejumlah 5 orang (2 orang lulusan diploma dan 3 orang lulusan SMA).

Mahasiswa baru mendapatkan pembinaan OSPEK sejak awal masuk, dengan kegiatan penjelasan tentang sistem akademik di perguruan tinggi, kegiatan kemahasiswaan baik yang ada di universitas, maupun di fakultas. Selanjutnya pembinaan mahasiswa baru dilanjutkan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen (HMD).

Ruang kuliah yang ada di fakultas sebanyak dua belas ruang dengan kapasitas antara 60 sampai dengan 160 orang, dan satu ruang berkapasitas 25 orang. Pemakaian ruang kuliah tersebut digunakan bersama prodi lain dengan koordinasi oleh fakultas. Fasilitas yang ada pada ruang kuliah sudah dilengkapi dengan AC, OHP, komputer, dan LCD.

Prodi Sistem Informasi memiliki 4 ruangan laboratorium komputer dan 6 ruang di sisi kanan dan kirinya yang digunakan antara lain untuk : ruang server, ruang staf pengajar dan ruang staf administrasi. Setiap laboratorium berisi 30 buah PC (Personal Computer) untuk mahasiswa dan 1 buah PC untuk dosen, kecuali laboratorium komputer 2 yang digunakan sebagai laboratorium perakitan dan jaringan komputer hanya berisi 16 buah PC.

Untuk  meningkatkan wawasan mahasiswa, dosen, dan karyawan, fakultas telah menyediakan fasilitas internet yang dapat diakses 24 jam. Internet tersebut dapat diakses lewat jaringan komputer sebanyak 250 komputer dan dapat juga diakses dengan wifi. Selain itu untuk meningkatkan minat membaca mahasiswa    di fakultas dilengkapi dengan ruang baca, di program studi terdapat koleksi khusus yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dengan membaca di tempat.  Sedangkan di tingkat universitas terdapat tiga perpustakaan yang berada di kampus A, B dan kampus C.

Bimbingan dan konseling kepada mahasiswa dilakukan minimal satu semester sekali oleh masing-masing dosen wali. Selain kegiatan konseling, juga dilakukan pembimbingan lomba-lomba karya ilmiah mahasiswa.

VIII. PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Saat ini Penerimaan Mahasiswa Baru di Program Studi S1 Sistem Informasi dilaksanakan melalui jalur PMDK yang dilaksanakan oleh Universitas Airlangga, baik jalur PMDK prestasi maupun PMDK Umum.

IX. METODE PENINGKATAN KUALITAS & STANDAR PEMBELAJARAN

Evaluasi yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran antara lain :

¨       Evaluasi pelaksanaan perkuliahan dan praktikum.

¨       Evaluasi isi mata kuliah

¨       Evaluasi kinerja dosen dalam pembelajaran

¨       Evaluasi beban mengajar dosen

¨       Audit mutu akademik

Pihak yang terlibat dalam proses peningkatan kualitas dan sarana pembelajaran :

¨       Pimpinan institusi

¨       Pimpinan Prodi

¨       Mahasiswa aktif

¨       Tenaga akademik

¨       Lulusan

¨       Gugus tugas penjaminan mutu

¨       Pusat Penjaminan Mutu Universitas

Pengembangan staf pengajar dilakukan melalui :

¨       Studi lanjut S-2 dan S-3

¨       Pelatihan dan sertifikasi tenaga pengajar

¨       Pendidikan non gelar seperti  pelatihan dan pemagangan.

X. PERATURAN PENILAIAN

Peraturan penilaian Selain menggunakan aturan yang telah ada di Fsaintek Unair, Prodi S1 Sistem Informasi memberikan aturan tambahan untuk kelulusan mahasiswa, yaitu:

  1. Nilai minimum lulus untuk satu mata kuliah adalah D.
  2. Nilai D maksimum 20% dari total SKS yang diambil.
  3. Kriteria penilaian yang digunakan adalah sebagai berikut :

NILAI ANGKA

NILAI HURUH

PREDIKAT

≥ 75

A

Istimewa

70 – 74,99

AB

Sangat Baik

65 – 69,99

B

Baik

60 – 64,99

BC

Cukup Baik

55 – 59,99

C

Cukup

40 – 54,99

D

Kurang

< 40

E

Gagal

Nilai akhir terdiri dari beberapa komponen, antara lain nilai ujian tengah dan akhir semester, quis, dan lain-lain, yang dapat berupa tugas individu, tugas kelompok, proyek, presentasi, diskusi , keaktifan diskusi.

XI. INDIKATOR KUALITAS

Lulusan Program studi S1 Sistem Informasi ditargetkan rata-rata lulus dalam 4 tahun, dengan rata-rata IPK 3,00.  Oleh karena tingginya kebutuhan tenaga kerja di bidang teknologi informasi dan sistem informasi, maka masa tunggu diperkirakan rata-rata kurang dari 6 bulan.

XII. PENGABDIAN PADA MASYARAKAT

Pengabdian pada masyarakat yang telah dilakukan pada saat ini, masih berkaitan dengan aktivitas guru. Untuk meningkatkan kualitas lulusan sekolah menengah, Progam Studi Sistem Informasi mengadakan pembinaan terhadap guru-guru sekolah, khususnya yang berkaitan dengan penggunaan paket program sebagai alat bantu untuk menyelesaian masalah, dan pembuatan media pembelajaran. Selain itu, untuk industri dan instansi, Program Studi Informasi juga akan menyediakan pelatihan pembuatan  sistem informasi.